Audience Paradigm (passive spectators)

→ kehadiran orang lain justru menghambat kinerja, misalnya: menghafal materi pelajaran ditengah kerumunan

Penelitian Robert Zajonc:

􀂾 Respon dominan

→ fasilitasi sosial yang ada meningkatkan kinerja seseorang, maka respon

dominan itu sesuai

􀂾 Respon nondominan

→ fasilitasi sosial yang ada menurunkan kinerja seseorang, maka respon

dominan itu tidak sesuai Penyebab fasilitasi sosial:

1. adanya dorongan

2. kekhawatiran akan penilaian (evaluasi) orang lain

3. distraksi (perhatian yang terpecah)

Performance Dalam Kelompok yang Berinteraksi

Tipologi tugas dari Steiner didasarkan pada kombinasi antara:

jenis-jenis tugas yang dapat dibagi

jenis-jenis hasil yang diinginkan

prosedur-prosedur individu dalam memberi masukan

Memprediksi Performance Kelompok

Klasifikasi tugas penting karena:

􀀹 tipe tipe tugas yang berbeda memerlukan sumber daya yang berbeda

􀀹 jika anggota kelompok mempunyai sumberdaya tersebut maka akan

sukses

Tipologi tugas menurut Steiner

This entry was posted in tahap norming dan performing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s